Apa saja sih Penyebab Lemak Menumpuk di Paha?

 


Penyebab lemak yang menumpuk di paha ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang mungkin saja salah satu penyebabnya ini sering kali Anda lakukan, baik secara sadar ataupun tidak sadar.


Yuk, simak apa saja penyebab lemak menumpuk di area paha:

  • Jarang beraktivitas dan jarang olahraga
Seperti yang kita tahu, kurang bergerak ataupun jarang olahraga ini menyebabkan kalori dalam tubuh tidak terbakar sehingga terjadilah penumpukkan lemak. Nah salah satu spot tubuh yang sering dijadikan tempat penyimpanan lemak ini yakni pada bagian paha.

  • Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat ini dapat mempengaruhi banyak hal. sehingga Anda harus memperhatikannya, mulai dari mengurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi, kurangi makan makanan junk food, makan makanan manis dan asin dengan tidak berlebihan, dan perbanyak minum air putih.

  • Bentuk tubuh

Pada umumnya lemak menumpuk di tiga titik bagian tubuh yakni paha, lengan, dan perut. Nah, penumpukan lemak ini jika Anda perhatikan antara pria dan wanita berbeda. Lemak pada pria pada umumnya menumpuk pada bagian perut, nah untuk wanita lemak lebih cenderung menumpuk pada bagian paha dan pinggul. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan perbedaan bentuk tubuh antara wanita dan pria. Umumnya pria memiliki bentuk tubuh seperti apel atau apple shape, sedangkan wanita umumnya memiliki bentuk tubuh seperti pir atau lampu. Maka dari itu hal tersebut juga mempengaruhi letak lemak pada bagian tubuh seseorang.

  • Hormon yang dimiliki wanita

Hormon Estrogen dengan jumlah tinggi yang dimiliki oleh wanita ini juga berperan dalam menumpuknya lemak di paha. Hormon yang satu ini bisa meningkatkan penyimpanan lemak pada area paha hingga lutut.

  • Cadangan lemak

Banyak yang mengatakan bahwa lemak yang menumpuk pada paha ini dapat dijadikan cadangan lemak ketika wanita melahirkan dan menyusui sehingga sang wanita ini tidak akan kekurangan energi.

  • Genetik

Keturuan genetik akan lebih cenderung memiliki bentuk tubh yang sama atau masalah kesehatan yang sama.

  • Faktor Usia

Usia sangat berperan dalam proses pembakaran lemak. maka seiring bertambahnya usia, tubuh akan kehilangan lebih banyak massa otot. Sedangkan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. sehingga jika kehilangan otot dapat mengurangi kebutuhan kalori harian.

 

0 comments:

Post a Comment