Wisata Selo Tirto Giri Desa Sekapuk Gresik

by Afifah Hanif's Blog


Banyak yang tak menyangka bahwa Gresik mempunyai tempat wisata apalagi tempatnya yang berada di desa Sekapuk di mana dulunya adalah tempat bekas galian tambang batu kapur yang terbengkalai.


by Afifah Hanif's Blog

Sekapuk dulunya di kenal sebagai desa kumuh langganan banjir setiap tahunnya, namun dengan semangat kepala desa dan warga desa setempat tempat ini berubah menjadi tempat wisata yang kini ramai di kunjungi. Bukan hanya itu wisata ini juga dibangun dari 60% saham warga desa tersebut dan 40% saham dari pemerintah desa.


by Afifah Hanif's Blog
 

by Afifah Hanif's Blog

Konsep yang di usung wisata Selo Tirto Giri atau setigi ini yakni bernuansa alam buatan. Hal ini di karenakan banyaknya tebing menjulang sisa-sisa galian tambang, juga di tambahkanlah ornamen pahatan, patung Gupala, patung Duarapala, candi Topeng Nusantara, patung Semar dan patung Begawan oleh pihak pengelola. Tak lupa juga terdapat miniatur masjid Persia dan Madinah

by Afifah Hanif's Blog

Untuk biaya masuknya akan dimintai diawal bersamaan dengan biaya parkir. Rp 15.000,- untuk biaya masuk per orang, kemudian Rp 5000,- untuk parkir sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.


by Afifah Hanif's Blog

Tempat wisata ini juga ramah akan anak-anak dimana terdapat tempat bermain, juga para anak bisa menaiki sepeda bebek serta memberi makan ikan-ikan yang ada di danau buatan ini sambil menikmati pemandangan tebing dan jembatan yang menuju ke rumah apung. Untuk sepeda bebek kamu akan di kenai tarif 10.000 ribu rupiah dan 5.000 rupiah untuk makanan ikan.


by Afifah Hanif's Blog

Selain itu anak-anak juga bisa berenang di wahana kolam renang banyu gentong yang menyediakan 3 warna air. Di sekitar area kolam renang terdapat pemandian khusus perempuan dewasa dan pemandian syar’i dengan syarat berhijab.


by Afifah Hanif's Blog

Yang di sayangkan dari tempat wisata Selo Tirto Giri ini adalah minimnya fasilitas untuk beribadah dan toilet. Minimnya tempat untuk duduk dan berlindung dari matahari dan hujan di beberapa tempat yang terbuka. Di tempat wisata ini kamu juga bisa merasakan panasnya daerah Gresik pada saat siang hari.

0 comments:

Posting Komentar