Taman Apsari – Taman dengan Pemandangan Gedung Grahadi


Lokasinya
yang berada di jalan Taman Apsari no 63, Embong Kaliasin, Genteng ini selalu ramai dikunjungi karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya menjadikan tempat ini mudah di akses


Banyak dari kita yang tidak tau akan latar belakang taman Apsari bukan? menurut beberapa sumber taman ini di bangun pada tahun 1990 an dimana pemerintahan Belanda lah yang menginstruksikan pembangunannya. Awal mulanya taman ini di fungsikan sebagai halaman belakang gedung Grahadi (rumah dinas gubernur Surabaya) yang  mana menjadi salah satu bangunan heritage yang masih tersisa di Surabaya.


Sayangnya pemerintah Belanda memutuskan untuk mengubah posisi pintu depan gedung Grahadi yang akhirnya menjadikan taman Apsari terletak di bagian depan gedung yang bersejarah ini.




Saat kamu merasa capek ataupun penat, kamu bisa datang ketaman ini dengan 20 jenis bungan indah, dan rindangnya pohon yang mampu memberi perlindungan para pejalan kaki dari teriknya sinar matahari dan membuat hawa di sekitar taman ini jadi lebih sejuk.


Selain memiliki berbagai jenis tamanan, di taman Apsari ini juga kamu bisa melihat patung Gubernur Suryo (gubernur pertama Jawa Timur) dan petikan pidato beliau pada tahun 1945 silam yang berada di tengah-tengah taman Apsari.


“Lebih baik hancur dari pada di jajah kembali” merupakan kutipan mendiang gubernur Suryo yang tertullis di dalam petikan pidato 1945 silam.


Terkadang taman ini kerap menjadi ruang untuk para seniman lokal menunjukan hasil karyanya yang ditempatkan disudut-sudut taman Apsari ini.


Di taman ini kamu bisa bermain futsal di lapangan yang berada di belakang patung gubernur Suryo, dan saat lapar kamu juga bisa berkulineran di sekitaran taman Apsari yang menjual berbagai makanan dan jajanan.

0 comments:

Posting Komentar